Senin, April 14, 2008

Miracle of Petra

“Kota merah muda yang hampir setua masa” Begitu julukan kota yang dinobatkan sebagai satu dari tujuh keajaiban baru dunia ini. Kota kuno yang berada di Yordania ini selalu ramai oleh perayaan tradisi yang menarik perhatian wisatawan. Seperti atraksi sekelompok orang yang menyerupai tentara Romawi yang memamerkan keahlian mereka sambil berbaris menuju aula. Kemudian muncul para gladiator untuk bertarung sampai titik darah yang terakhir.

Petra adalah ibukota Kerajaan Nabatean yang berdiri megah di atas pahatan batu-batu cadas di dinding bebatuan di Yordania. Semua ini adalah karya megah para pemahat Nabatea, lebih dari 2.000 tahun lalu. Mereka menyalurkan air dari jaringan yang dilapisi keramik, sehingga air dapat mengalir ke tempat terpencil yang kering ini.

Siapa pun yang pernah menginjakkan kaki di Petra akan tertegun saat memandang bangunan menakjubkan yang dibuat dengan memadukan tangan kreatif manusia dan kecantikan alam yang mempesona. Pemandangan batu cadas yang berbentuk pemakaman, kuil, dan monumen terpampang di depan mata. Berbagai jenis bebatuan tersebut menghasilkan warna-warni yang memukau, seperti kuning, oranye, merah muda, merah, ungu, dan biru.

Banyak bangunan indah yang berbentuk dari cadas di Petra. Namun, yang paling terkenal di antara bangunan cadas terebut adalah The Treasure atau Khazne. Ketika matahari menyapa kota ini di pagi hari, wajah The Treasure setinggi 40 meter langsung bersinar. Ada pula Oum el_Biyara, tempat tertinggi di Petra dengan ketinggian 1000 meter. Terdapat juga sebuah aula atau teater yang mampu menampung 4000 orang.

Tempat ini berguna untuk berlindung dari serangan musuh pada abad 3-2 SM. Sampai kini, legenda Petra terus dikenang sebagai simbol teknik pertahanan. Petra yang berarti batu, kini menyuguhkan pemandangan sekaligus wisata sejarah yang menakjubkan. Keajaiban ini tak berhenti menyambut Anda sejak memasuki gerbang utama, menuruni lembah, atau saat memasuki aula yang dibangun dari batu pasir berwarna merah.

Tidak ada komentar: