Senin, April 14, 2008

Undefine Beauty of Senggigi Beach

Tidak ada yang meragukan kecantikan pantai Senggigi. Tempat wisata yang berada di pesisir barat Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, ini kaya akan panorama yang indah dan mempesona. Bahkan, keindahan pantainya tidak kalah dengan pantai di Bali. Selain itu, panorama sunset merupakan salah satu pemandangan elok pantai Senggigi, yang terkenal dengan pasir putihnya dan kejernihan airnya. Tak heran bila banyak orang yang rela datang jauh-jauh ke Senggigi untuk sekadar mengejar sunset di sana.

Airnya yang jernih serta ombaknya yang tenang cocok bagi Anda yang gemar beraktivitas di laut. Anda dapat menyalurkan hobi dan kegemaran, seperti snorkling, kano, diving, surfing, menikmati pemandangan bawah laut, atau bahkan hanya berjemur dan bermain-main membuat istana pasir. Bagi Anda yang suka snorkling, nikmati keindahan bawah laut pulau Tiga Gili (Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan) yang terletak di bagian utara Pantai Senggigi. Di tempat itulah terdapat blue coral, batu karang berwarna biru, yang konon jenis karangnya hanya bisa ditemukan di Lautan Karibia.

Salah satu perayaan yang rutin digelar adalah Festival Senggigi. Kegiatan ini selalu diramaikan dengan parade kesenian daerah, atraksi prosesi acara ‘Perang Topat’ atau Perang Ketupat, serta prosesi Betetulak (sejenis ruwat bumi di Lombok). Perayaan ini menyuguhkan Tari Pemucuk Lombok yang semarak dengan irama gamelan dan rebana khas Lombok, lengkap dengan gadis penari berpakaian adat Sasak dengan polesan warna serana. Selain itu, festival yang biasa digelar selama sepekan ini juga menyuguhkan pentas seni beberapa etnik nusantara yang meriah.

Janganlah lupa untuk mencicipi kelezatan makahan khas setempat, seperti Ayam Taliwang. Sebagai oleh-oleh, Anda dapat membeli mutiara dan kain tenun dengan berbagai motif dan warna. Mutiara telah didesain sedemikian rupa menjadi perhiasan yang indah dan menawan mata. Namun bila anda ingin merangkai atau mendesain sendiri mutiara tersebut, Anda dapat membeli mutiara-mutiara yang polos yang biasanya dijual dalam bentuk kalung.

Bila ingin melepas kepenatan dan lari dari rutinitas, cobalah untuk menjadikan Pantai Senggigi ini sebagai tempat alternatif untuk bertamasya. Nikmati pula keindahan alam dan kealamian pulau yang disebut-sebut sebagai “Bali Kedua” ini. Suasana yang tenang, panorama alamnya yang indah, serta keramahan penduduk setempat akan membuat liburan Anda bersama orang-orang tercinta menjadi penuh kesan.

Tidak ada komentar: