Senin, April 14, 2008

Uniquely Stone Therapy

Walau pun berkarakter keras, batu ternyata berguna sebagai mediator yang membantu melepaskan segala kepenatan dalam tubuh. Dalam dunia perawatan tubuh, pemakaian batu tak hanya menghasilkan relaksasi, tapi juga bisa menghadirkan keseimbangan spiritual. Stone treatment atau dikenal dengan variasi nama seperti stone therapy atau stone massage merupakan salah satu permainan temperatur dalam dunia perawatan tubuh. Cara ini akan merangsang peredaran darah menjadi lebih lancar dan menyebar lebih merata hingga ke permukaan kulit.

Perawatan dengan menggunakan elemen batu sudah lama dikenal. Jenis treatment ini bahkan telah dilakukan oleh suku-suku asli Amerika Utara ataupun praktisi Ayurveda di India. Dalam stone therapy dapat dijumpai hot stone treatment, cold stone treatment ataupun kombinasi keduanya. Biasanya, jenis bebatuan yang digunakan dalam treatment ini adalah adalah batuan hasil pembekuan magma atau batuan beku yang umum dikenal dengan sebutan "batu kali".

Batuan yang dipakai untuk jenis hot stone treatment adalah batu yang memiliki kemampuan menyimpan panas dalam waktu lama. Batu ini dipanaskan hingga sedikit lebih panas di suhu tubuh untuk menciptakan relaksasi jauh ke dalam jaringan tubuh. Sedangkan penggunaan batu yang dingin berfungsi untuk menstimulasi atau merangsang sirkulasi darah dalam tubuh. Dalam hal ini yang digunakan adalah batuan marmer yang memang dikenal sebagai penyimpan dingin. Sementara batu yang hangat atau dingin diaplikasikan langsung pada bagian tertentu, seperti area punggung, tangan, dan wajah.

Pada pengembangannya, belakangan muncul jenis perawatan yang juga menggunakan batu-batuan, yaitu colored stone therapy. Walau sama-sama menggunakan bebatuan, terapi yang terakhir ini dilakukan tanpa memanfaatkan energi panas atau pun dingin. Colored stone therapy ini dilakukan dengan memanfaatkan energi yang ada di dalam warna-warna semi precious stone guna merawat aura. Selain dapat mengurangi ketegangan otot, menambah kualitas tidur, meningkatkan sirkulasi limpah dan darah, jenis-jenis perawatan ini juga dapat meredakan rasa cemas.

Tidak ada komentar: