Senin, April 14, 2008

Yoga Bikram Sensuality

Yoga menjadi tren gaya hidup sehat cara modern. Belakangan ini muncul variasi baru yoga, yaitu Yoga Bikram. Selain berguna dalam memberikan kebugaran dan menghilangkan stres, yoga jenis ini juga dapat melangsingkan tubuh. Yoga Bikram cukup unik karena dilakukan di dalam ruangan tertutup yang diberi pemanas dengan suhu mencapai 42 derajat celsius, sehingga membuat tubuh begitu berkeringat. Buktinya, baru 10 detik latihan, tubuh sudah mandi keringat.

Latihan-latihannya memfokuskan diri pada kardio dan kekuatan tubuh bagian bawah. Metode Yoga Bikram yang diajarkan tak jauh berbeda dengan yoga pada umumnya, yang tergolong Hata Yoga atau yoga kesehatan. Bedanya, yoga biasa dapat dilakukan di berbagai tempat, baik indoor maupun outdoor, sedangkan Yoga Bikram diadakan di ruangan tertutup dan bersuhu 42 derajat celcius.

Yoga Bikram mengajarkan 26 gerakan yang saling berkesinambungan. Gerakan satu dengan lainnya saling terkait sehingga membantu melancarkan kerja seluruh organ tubuh. Bila berolahraga lari atau tenis, fokus gerakan ditekankan pada kaki atau pergelangan tangan. Dengan gerakan-gerakan Yoga Bikram, seluruh tubuh akan mendapatkan penekanan yang sama, misalnya detak jantung atau pembakaran lemak.

Temperatur 42 derajat celsius akan membantu melemaskan dan menyegarkan otot tubuh. Gangguan kesehatan yang bisa disembuhkan antara lain asma, tekanan darah tinggi, tekanan darah rendah, nyeri sendi, hingga stres. Namun, umumnya, para peserta ikut yoga ini karena ingin mengurangi bobot tubuh. Berbarengan dengan keringat yang berkucuran, pembakaran lemak juga tengah berlangsung. Untuk mereka yang ingin mengurangi bobot tubuh, memang paling pas ikut yoga ini.

Bila Yoga Bikram ini dilaksanakan secara rutin, terbayang efek sampingnya pada tubuh. Lemaknya menyusut, tubuh pun akan terlihat lebih langsing. Banyak peserta yang mengalami perubahan drastis pada bentuk tubuhnya, seperti celana jadi lebih longgar dan ukuran pinggang lebih kecil setelah berlatih. Hal ini terjadi karena lemak di tubuh berubah menjadi tenaga.

Tidak ada komentar: