Senin, Februari 22, 2010

Dukungan Nyata Demi Pelestarian Warisan Budaya Bangsa

Seperti bernilainya kekayaan alam, seperti minyak dan gas, begitu juga dengan batik sebagai warisan budaya Indonesia. Batik merupakan salah satu ikon budaya bangsa sekaligus simbol dan tradisi dalam masyarakat dengan filosofi mencakup siklus kehidupan manusia. Sebagai kain tradisional, batik kaya akan nilai budaya sebagai kerajinan tradisional yang diwarisi dan dilestarikan secara berkelanjutan

Sebagai salah satu bentuk jawaban TOTAL terhadap Pembangunan Berkelanjutan, TOTAL memiliki komitmen untuk melakukan pengawasan dan pengurangan dampak terhadap orang dan lingkungan dalam setiap aktivitas usahanya. Selain itu, TOTAL juga senantiasa memberikan kontribusi dalam pengembangan ekonomi dan sosial stakeholders. TOTAL juga berupaya melakukan antisipasi terhadap berbagai kebutuhan masyarakat di masa mendatang.

Berkaitan dengan program pelestarian budaya bangsa, maka hadirlah Yayasan Bhakti Total Bagi Indonesia Lestari. Yayasan ini mengemban misi melakukan kreasi, organisasi, dan partisipasi dalan setiap langkah maupun aktivitas yang mendukung pelestarian, pemeliharaan, dan promosi terhadap kekayaan warisan budaya bangsa, melalui penguatan ekonomi dan sosial di lingkungan TOTAL beroperasi.

Kegiatan yayasan ini meliputi program konservasi dan promosi terhadap budaya asli dan warisan tradisi dengan menyelenggarakan training mengenai upaya memulihkan kesadaran mengenai budaya dan tradisi yang diwariskan nenek moyang. Di samping itu, Yayasan Bhakti Total Bagi Indonesia juga menfokuskan kegiatannya pada penguatan komunitas dan aktivitas kemanusiaan. Yayasan juga menjadikan program pendirian terhadap konversai dan pemeliharaan warisan budaya dan tradisi Kalimantan sebagai prioritas utama dalam setiap kegiatannya.

Misi dan aktivitas tersebut menunjukkan bahwa TOTAL paham akan pentingnya kebudayaan Indonesia. TOTAL mendukung pentingnya salah satu warisan budaya Indonesia, yaitu batik, sebagai salah satu jawaban TOTAL terhadap tantangan Pembangunan Berkelanjutan. Oleh karena itu, kami ucapkan Selamat kepada Indonesia atas diresmikannya batik sebagai Daftar Representatif sebagai Budaya Tak-benda Warisan Manusia atau Representative List of Intangible Cultural Heritage of Humanity. Diharapkan, pengukuhan ini memotivasi kita bersama untuk senantiasa melakukan pelestarian terhadap kekayaan budaya dan tradisi yang kita miliki.

1 komentar:

Seting mengatakan...

bisa minta alamat dan kontak person dari yayasa Bakti total ini?

salam
SEting+