Selasa, Agustus 12, 2008

Halong Bay, Pesona Alam yang Memikat Hati

Masih ingat aksi seru dalam film Tommorow Never Die yang menampilkan tokoh James Bond? Dalam satu adegan, tampak spionase 007 itu berada di antara perbukitan karang di tengah-tengah laut yang begitu menawan. Seperti aslinya, begitulah gambaran tentang objek wisata Halong Bay yang begitu terkenal di daratan Vietnam.

Teluk Halong merupakan salah satu objek wisata andalan di Vietnam. Halong, yang dalam bahasa Vietnam berarti naga yang turun ke laut, terdiri dari deretan batu karang seluas 331.700 kilometer persegi yang menyembul di atas laut. Kawasan ini menyuguhkan suasana yang menakjubkan, alami, dan jauh dari segala polusi maupun hiruk pikuk duniawi.

Teluk yang berada di Kota Ha Long, Propinsi Quang Ninh, ini berada sekitar 160 kilometer arah Timur Kota Hanoi dan dapat ditempuh dalam waktu empat jam perjalanan dari Hanoi. Sepanjang perjalanan, tampak pemandangan yang mengasyikkan dari kejauhan, seperti gugusan karang yang ada di tengah-tengah laut, beberapa hotel berbintang, maupun kapal-kapal pariwisata yang berlabuh di dermaga.

Selama dalam perjalanan, terdapat juga tempat peristirahatan atau tempat singgah dalam satu jam pertama, yakni pusat kemanusiaan (humanity centre) bernama Hang Ngoc. Di tempat itu terdapat anak-anak cacat jasmani yang membuat kerajinan bordir serta suvenir lainnya khas Vietnam.

Untuk menikmati pesona Teluk Halong, kita harus menggunakan kapal-kapal pesiar yang tersedia di dermaga. Sambutan hangat para awak kapal membuat suasana makin akrab dan bersahabat. Saatnya melakukan wisata air yang penuh daya tarik. Dari atas perahu, kita dapat menikmati panorama alam sambil mencicipi berbagai hidangan sea food, mulai dari kepiting, cumi, hingga cah kangkung.

Menurut legenda, teluk yang berada di perairan Teluk Tonkin ini bermula dari cekungan raksasa yang dipenuhi air. Konon, cekungan tersebut terbentuk karena jatuhnya seekor naga ke bumi. Hingga sekarang, Halong Bay menjadi wisata kebanggaan masyarakat sekitar. Keindahan pulau-pulau karang maupun gua-gua yang ada di perairan ini dikenal sebagai salah satu warisan alam dunia.

Selain diramaikan oleh kunjungan wisatawan dari belahan dunia, Teluk Halong juga menampilkan aktivitas bahari lainnya, seperti hilir mudiknya kapal penangkap ikan maupun para pencari mutiara. Selain menikmati pemandangan itu, kita juga dapat menjelajahi gua-gua pinggir laut yang tidak terlalu sulit dijangkau.

Salah satu gua yang terkenal adalah Hang Dau, sebuah gua besar yang terdiri dari tiga lubang. Para pengunjung tidak saja akan tertarik oleh bentuk gua yang aneh, tetapi juga oleh sejarah gua tersebut. Konon di gua tersebut Jenderal Tran Hung Dao menyembunyikan ratusan bambu runcing yang kemudian ditanam di Sungai Bach Dang untuk dijadikan alat untuk menghancurkan invasi Raja Mongol, Kubhilai Khan, di tahun 1288.

Kita juga dapat mengunjungi Hang Thien Cung atau Gua Istana Surga yang dikenal sebagai gua paling indah di Teluk Halong. Dengan panjang sekitar 250 meter dan lebar 20 meter, gua ini dipenuhi oleh stalagtit-stalagtit yang mengagumkan. Kilauan bentuk batuan tersebut bersinar-sinar penuh warna. Untuk mencapai tempat-tempat ini, para pengunjung dapat menggunakan kapal laut atau kayak.

Selain keindahan karang dan kehijauan air laut, Halong Bay juga kaya akan binatang laut yang beraneka warna. Pemandangan bawah laut pun menjadi suguhan tak terlewatkan. Suasana yang sunyi, keindahan alam yang tanpa polusi, maupun gugusan batu karang yang alami membuat Halong Bay senantiasa dibanjiri para pelancong.

Tidak ada komentar: