Selasa, Agustus 12, 2008

Touring....Touring....Touring...

Motor kini tidak lagi hanya digunakan sebagai alat transportasi. Kendaraan roda dua ini sekarang juga tampil sebagai bagian dari hobi, gaya hidup, dan ajang unjuk gengsi. Dari atas sadel motor, para biker melepas rasa suntuk, memacu kesegaran baru, serta mendapatkan kepuasan diri yang tak ternilai.

Dewasa ini, motor besar atau yang dikenal juga dengan motor gede (moge) merupakan simbol kebanggaan dan kemapanan bagi banyak orang. Aksesoris jaket kulit berwarna hitam dan berhiaskan emblem (lambang, simbol, lencana, atau tanda pengenal), helm setengah wajah, sepatu boots, serta kacamata yang menambah kesan stylish dan gagah adalah ciri khas dari para bikers. Tak heran jika para biker, yang merupakan sebutan bagi para penggemar motor besar, menjadikan motor mereka sebagai salah satu hal yang paling utama dalam kehidupan mereka.

Mengendarai moge diyakini dapat melepaskan rasa jenuh maupun stress dari rutinitas harian. Walaupun melelahkan, namun ada kepuasan tersendiri yang didapatkan dari atas sadel motor besar. Karena itu, touring ke berbagai penjuru negeri, seperti Semarang, Palembang, Yogyakarta, Pontianak, Aceh, hingga Bali, merupakan kegiatan para biker untuk mengisi hari senggang mereka. Setiap ada kesempatan, mereka mengendarai motor besar bersama komunitasnya. Para bikerini tersebar dalam berbagai klub maupun komunitas yang berada di bawah koordinasi organisasi induknya yaitu Ikatan Motor Besar Indonesia (IMBI).

Selain dapat memperoleh suasana baru dan kepuasan dalam melewati berbagai medan, mereka juga dapat membangun networking dengan touring. Bahkan, untuk membangun keakraban di antara mereka, berbagai aktivitas selain touring juga sering digelar, seperti berkumpul di sebuah tempat untuk melakukan bakti sosial, kegiatan amal, hingga membantu masyarakat yang tidak mampu. Aksi sosial ini membuat komunitas ini lebih dekat dengan masyarakat.

Belakangan ini, touring ke negara tetangga atau luar negeri, seperti Brunei Darussalam, Filipina, hingga Amerika Serikat, menjadi tren baru yang diminati para pengendara moge. Petualangan ini menjadi pengalaman hidup yang tidak bisa terlupakan, apalagi dengan rute perjalanan yang dapat ditentukan sendiri maupun kelompoknya. Tak jarang mereka juga membawa keluarga dalam petualangan ini. Hobi tersalurkan, mendapat relasi baru, waktu bersama keluarga pun tersedia. Asyik, bukan?

Tidak ada komentar: