Kamis, Juli 24, 2008

All About Cocktail & Mocktail

Cocktail adalah sebuah seni sekaligus tren baru dalam meracik sebuah minuman. Namun, tidak setiap minuman oplosan dapat disebut dengan cocktail. Segelas cocktail biasanya berasal dari satu atau beragam jenis liquor yang dicampur dengan jus buah, saus, madu, susu, krim, bumbu, dan sebagainya.

Minuman ini mulai populer setelah dicap sebagai minuman terlarang di Amerika Serikat. Selama menjadi minuman terlarang, seni dalam meracik minuman menjadi perhatian banyak orang, khususnya dalam pembuatan minuman yang mengandung alkohol. Para bartender biasanya mencampurkan beragam bahan untuk menyembunyikan kadar alkohol dalam sebuah minuman.

Setelah larangan ini dicabut, keahlian dalam mencampuradukkan antara kandungan alcohol dengan non-alkohol ini begitu meluas. Tidak heran, jika pada tahun 1930 disebut-sebut sebagai masa keemasan cocktail. Sampai sekarang, bahan-bahan, seperti gin, whiskey atau rum, dan vodka begitu dominan dalam pembuatan cocktail, baik cocktail tradisional maupun modern.

Proses pembuatan mocktail hampir mirip dengan cocktail. Minuman ini memang merupakan paduan antara mock yang berarti meniru atau tiruan dengan cocktail yang berarti minuman campuran. Seperti halnya cocktail, mocktail juga biasanya dikocok atau diaduk terlebih dahulu sebelum disajikan. Minuman mocktail bisa menjadi suguhan alternatif pada para tamu saat pesta dilangsungkan.

Yang membedakan antara keduanya adalah kandungan mocktail yang bebas alkohol. Mocktail atau disebut juga dengan Virgin Cocktail atau Virgin Drinks adalah minuman yang dibuat dari berbagai jenis, salah satunya dari jus buah. Cocktail non-alkohol ini memberikan kesempatan pada setiap pengunjung untuk ambil bagian dalam pesta-pesta meriah yang Anda selenggarakan.

Anda pun dapat mempelajari berbagai resep cocktail terkenal, seperti cosmopolitan atau shirley temple. Bahan-bahan seperti 1 shot vodka, 1/2 shot triple sec, 1/2 shot jus berry, serta 1/2 shot jus limau perlu disiapkan untuk mendapatkan cosmopolitan yang segar. Semua bahan ini dicampur dan dikocok, untuk selanjutnya disajikan di gelas martini yang telah didinginkan.

Racikan Shirley temple juga bisa Anda buat dengan mudah. Siapkan 8-10 bongkahan es, 2 gelas jus limun, 1/2 gelas grenadine, 1/2 gelas sirup gula, serta segelas air jahi bersoda. Masukkan 4-6 butir es ke tempat pengaduk. Tuangkan jus limun, grenadine, dan sirup gula. Aduklah hingga merata. Siapkan es di gelas, lalu tuangkan campuran berikut air jahe bersoda. Anda bisa menghiasi minuman ini dengan buah ceri atau irisan jeruk.

Mocktail Fruit Tingle juga bisa Anda buat sendiri di rumah. Untuk mendapatkan Fruit Tingle, Anda tinggal menyiapkan jus jeruk, raspberry/ anggur merah, limau/ anggur hijau, serta limun. Setelah diaduk, tuangkan ke dalam gelas yang tersedia. Mendekor gelas dengan buah pilihan akan membuat mocktail buatan Anda lebih segar.

Anda juga bisa membuat Mock Pink Lady Cocktail, yang biasanya menjadi suguhan dalam perayaan Father’s Day. Siapkan ¾ susu, jus limun, grenadine, gula, dan potongan es. Tuangkan semua bahan ini ke dalam blender, hingga semua bahan menyatu. Kini, mocktail special ini bisa Anda rasakan. Mudah bukan?

Tidak ada komentar: