Jumat, Juli 18, 2008

Alternatif Investasi Sesuai Profil Resiko

Guna mengakomodasikan kebutuhan para investor dalam mencapai kebutuhan finansialnya dalam berinvestasi, Bank Mandiri menyediakan beragam alternatif layanan dan produk investasi. Layanan maupun produk investasi ini telah dikomposisikan atas berbagai instrumen investasi disesuaikan dengan jenis profil investasi dari masing-masing investor.

Salah satu instrumen investasi yang bisa Anda manfaatkan adalah Layanan Retail Brokerage. Layanan ini meurpakan suatu bentuk layanan transaksi jual beli produk-produk efek di Pasar Modal (seperti saham dan obligasi retail) baik di pasar perdana maupun di pasar reguler untuk nasabah Bank Mandiri, dimana lokasi layanan tersebut akan berada di Cabang Bank Mandiri terpilih.

Layanan ini akan bekerja sama dengan perusahaan sekuritas yang dalam pelaksanaannya Bank Mandiri akan bertindak sebagai channel distribution (agen penjual). Saat ini kerja sama yang sudah dijajaki adalah dengan Mandiri Sekuritas. Dalam tahap selanjutnya tidak tertutup kemungkinan Bank Mandiri akan bekerja sama dengan perusahaan sekuritas lainnya di Indonesia.

Beberapa layanan yang akan tersedia di Layanan Retail Brokerage Bank Mandiri adalah:

  1. Pembelian efek Saham di Pasar Perdana (IPO).
  2. Jual beli efek Saham di Pasar Reguler.*
  3. Pembelian efek Obligasi di Pasar Perdana (IPO).
  4. Jual beli efek Obligasi (retail) di Pasar Reguler. **

* Sementara hanya tersedia di Bank Mandiri Prioritas terpilih

** Sementara hanya tersedia di Cabang Bank Mandiri terpilih

Dengan berinvestasi di saham maupun obligasi retail, berarti Anda telah melakukan diversifikasi portofolio investasi. Dalam berinvestasi di efek saham karakter investor yang sesuai dengan profil resiko adalah yang berkarakter Moderat dan Agrressive. Ingat potensi hasil dan resiko dalam berinvestasi, ‘high risk-high return’.

Para investor berkarakter Moderat dapat berinvestasi di saham-saham lapis pertama atau disebut Blue Chips yang lebih aman. Sedangkan untuk para investor berkarakter Aggressive selain dapat berinvestasi di saham-saham lapis pertama dapat pula berinvestasi di saham-saham lapis kedua. Wakil Perantara Pedagang Efek (WPPE) dari Perusahaan Sekuritas yang berada di lokasi Layanan Retail Brokerage Bank Mandiri akan membantu Anda dengan memberikan rekomendasi dalam memilih saham-saham unggulan tersebut.

Untuk para investor yang memiliki karakter konservatif, ada baiknya mulai mencoba berinvestasi melalui Layanan Retail Brokerage ini dengan memilih produk obligasi retail. Tentu pilihan ini tetap disesuaikan dengan periodic review agar dapat menetapkan strategi investasi untuk menjaga tingkat pengembalian yang diharapkan.

Dengan semakin beragamnya produk yang ditawarkan oleh Bank Mandiri sebagai agen penjual, diharapkan kebutuhan investasi nasabah dapat terpenuhi mulai dari produk perbankan konvensional hingga produk investasi. Dengan demikian, konsep ”one stop financial services” dapat pula diwujudkan.

Tidak ada komentar: