Rabu, Juli 09, 2008

Hydrogen Car


Era hidrogen tak lagi impian, namun telah menjadi kenyataan. Kini banyak mobil berbahan bahar hidrogen dapat dinikmati. Kendaraan roda empat ini diciptakan untuk melepaskan diri dari ketergantungan kepada sumber energi fosil, sehingga mengarah kepada pencarian bahan bakar untuk masa depan. Para peneliti dan ilmuwan di seluruh dunia telah menemukan hidrogen sebagai sumber energi baru dan terbarukan.

Hidrogen memang menjanjikan sebagai substitusi bahan bakar. Selain lebih ramah lingkungan, mobil berbahan hidrogen ini ternyata dua kali lebih irit dibanding yang berbahan bakar minyak. Sebagai gas yang tidak beracun, tidak berwarna dan tidak berbau, hidrogen bersifat mudah terbakar dan mempunyai kira-kira seperempat nilai kalori bensin cair dalam hal volume. Hidrogen juga ringan dan bersih. Sumber dayanya melimpah dan mudah didapat dari bio massa atau dengan bantuan sinar matahari, angin, dan tenaga air. Jika diperlukan, energi ini juga juga bisa diperoleh dari gas alam atau biogas.


Sebagai unsur yang membentuk air dan semua senyawa organik, hidrogen merupakan bagian dari siklus biologis, sehingga betul-betul kompatibel dengan lingkungan. Dibanding mobil listrik maupun hibrida, mobil fuel cell ini lebih menarik perhatian para produsen mobil untuk dikembangkan. Bahan bakar ini menjanjikan energi yang berkelanjutan, memangkas polusi, dan emisi gas buang yang nol. Ia memiliki potensi tidak mengeluarkan gas emisi rumah kaca dan tidak menimbulkan ketergantungan energi.

Mobil berbahan bakar hidrogen adalah prestasi besar dalam bidang teknologi otomotif, sekaligus terobosan penting untuk menanggulangi pemanasan global. Tujuan jangka panjangnya adalah menghindari emisi dan memanfaatkan energi yang diperoleh kembali melalui proses regenerasi. Hidrogen telah menjadi pilihan para produsen otomotif dunia di Eropa, Amerika, hingga Asia. Mereka berlomba merakit mobil-mobil mewah, bus, bahkan mobil balap telah mengadopsi hidrogen sebagai bahan bakar utamanya. Jadi, bersiaplah Anda menyambut kehadiran kendaraan masa depan ini.


Tidak ada komentar: