Kamis, Juli 17, 2008

Volvo XC90, Cerminan Sebuah Kenyamanan

Dari generasi ke generasi, Volvo identik dengan keselamatan dan kenyamanan. Faktor keselamatan tampaknya menjadi perhatian utama produsen mobil ini, sebagaimana kenyamanan dalam berkendara. Anda pun bisa merasakannya pada kendaraan baru ini.

Keamanan dan kenyamanan, begitulah refleksi Volvo XC90. Kendaraan yang asal Swedia, ini 2007 ini memiliki kabin yang didominasi oleh kulit dan bahan-bahan berkualitas tinggi. Dua monitor video ditempatkan pada bagian belakang head rest kursi depan. Sementara, bagian luarnya menampilkan performa baru dengan tampilan grille, bemper dan lampu yang lebih bergaya. Sisi pewarnaanya pun terlihat lebih elegan.

Sebagaimana seri XC90 lainnya, mobil ini juga dilengkapi sepenuhnya dengan perangkat keamanan, baik pasif maupun aktif. Mulai dari sabuk pengaman (seatbelt) tiga titik, kantong udara (airbag) di depan, samping, sisi dalam kiri kanan mobil dari pilar A sampai pilar C, serta roll stability control, dynamic stability control, traction control, antilock braking system, electronic brake- force distribution, dan brake assist (Safety).

Bedanya dengan generasi sebelumnya, Sport Utility Vehicle (SUV) ini menambah mesin dengan kapasitas 3.2 Liter, dalam konfigurasi mesin V8. Perbendaharaan mesin yang baru ini membuat XC90 lebih bertenaga. Kekuatannya bahkan dapat disamakan dengan kekuatan 311 tenaga kuda. Tenaga dan torsi mesin itu diteruskan ke keempat roda melalui persneling otomatik dengan 6 tingkat kecepatan bernama Geartronic.

Mesin V8 tentu bukan sembarang mesin. Mesin yang dipilih kali tetap mengutamakan tingkat keamanan (safety) yang tinggi dan ramah lingkungan. Mesinnya begitu kompak, dengan panjang 75,4 sentimeter, lebar 63,5 sentimeter, dan beratnya 190 kilogram.

Kendaraan ini tampaknya cocok bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi. Pasalnya, medan on-road, XC90 hanya memerlukan waktu 7,3 detik untuk mengembangkan kecepatan sampai 100 kilometer per jam dari posisi berhenti. Penggunaan bahan bakarnya pun cukup efisien. Untuk menempuh perjalanan sejauh 100 kilometer, misalnya, XC90 rata-rata menghabiskan bahan bakar sekitar 13,3 liter. Dengan kata lain, 1 liter bahan bakar dapat menempuh perjalanan sejauh 8 kilometer.

Seperti halnya keluaran Volvo sebelumnya, generasi terbaru kerap membawa teknologi mesin terkini. Performanya sebagai kendaraan yang mengutamakan keamanan dan kenyamanan begitu mengesankan. Kenyamanannya akan muncul saat Anda mencoba membawanya ke jalan dan merasakan kekuatan tenaganya. Maka, bersiaplah untuk jatuh hati padanya.

Tidak ada komentar: