Kamis, Juli 17, 2008

Lexus RX350, Refleksi Sebuah Kemewahan

Kendaraan yang menawarkan performa yang handal dan teruji. Kekuatan mesinnya mampu melesat lebih cepat, lebih hemat dalam mengkonsumsi bahan bakar, dan lebih kedap suara.

Lexus terbaru ini merupakan reinkarnasi dari Lexus RX 330 yang diluncurkan 2006 lalu. Performa, kemewahan, dan penampilannya telah mengalami peningkatan. Desain interiornya dirancang lebih mewah, dengan kaca akustik di bagian depan dan tambahan sekat di panel pintu, panel instrumen, dan karpet lantai.

Penyempurnaan yang dilakukan pada RX350 membuat suara mesin, lalu lintas sekeliling, dan angin yang menembus ke dalam kabin menjadi minimal. Anda pun seperti berada di ruang hampa jadinya. Tenang dan sunyi. Tak ada lagi kebisingan lalu lintas di sekitar, apalagi suara mesin kendaraan yang menderu-deru.

Interior yang senyap itu membuat suara sound system yang menggunakan 11 speaker terdengar lebih baik dan jernih. Harap maklum, mobil ini menganut sistem audio yang lebih lengkap, bisa memutar radio di jalur frekuensi AM/ FM maupun pemutar CD lagu atau film berkapasitas enam keeping, Automatic Sound Levelizer (ASL), Radio Data System (RDS), dan prosesor sinyal digital.

Kendaraan Sport Utility Vehicle (SUV) berukuran menengah ini menyandang mesin baru dengan kapasitas 3.5 liter, 6 silinder dalam konfigurasi V6. Mesin baru yang disandang RX350 itu mampu menghasilkan tenaga maksimum 270 PK, 47 PK lebih kuat dari mesin yang disandang RX330 keluaran 2006. Mesin tersebut sanggup melesatkan RX350 dari posisi berhenti sampai 100 kilometer per jam dalam hitungan 7,5 detik untuk yang menggunakan penggerak roda depan, dan 7,6 detik untuk yang menggunakan penggerak empat roda.

Kendati mengalami peningkatan dalam performa, penggunaan bahan bakarnya tetap efisien dan ekonomis. Untuk mobil yang menggunakan penggerak roda depan, satu liter bensin dapat digunakan untuk menempuh perjalanan sejauh 9,2 kilometer. Sedangkan utnuk mobil yang menggunakan penggerak empat roda bisa menempuh perjalanan sejauh 8,9 kilometer.

RX350 dilengkapi dengan traction control dan Vehicle Stability Control (VSC). Pada mobil lain, alat ini dikenal dengan nama Electronic Stability Program (ESP) atau Dynamic Stability Control (DSC). VSC akan membantu Anda untuk mengendalikan kemudi maupun laju kendaraan.

Tak ketinggalan pula sebuah sistem untuk memonitor tekanan angin pada roda. Jika sensor mendeteksi adanya tekanan anginnya kurang atau di bawah standar yang ditetapkan pada sebuah roda, maka lampu indikator di panel meter akan menyala untuk mengingatkan Anda.

Demi keamanan dan kenyamanan Anda dalam berkendara, Lexus juga mengadopsi sistem navigasi generasi kelima. Generasi ini merupakan sistem pendukung lain yang bisa memproyeksikan sebuah gambar di layar navigasi bila gigi kendaraan tengah berbalik atau mundur. Sistem inilah yang akan memandu kemana pun tujuan perjalanan Anda.

Tidak ada komentar: