Jumat, Juli 18, 2008

Membawa Ketangguhan Teknologi F1

Mobil jet darat F1 menjadi inspirasi bagi Ferrari F430 Spider ini. Bentuknya cukup kompak, ringan, dan enak dipandang. Rumah desain Pininfarina turut serta merancang, sehingga menghasilkan model terbaik yang dimiliki Ferrari. Soal ketangguhan dan kecepatan? Anda tidak perlu merragukannya. Tampilan fisiknya yang manis dan berotot mencerminkan performa yang menakjubkan.

Beberapa teknologi divisi balap F1 Ferrari diaplikasikan pada F430 Spider, ini. Salah satunya adalah Electronic differential (E-diff) yang mampu meningkatkan tarikan dan dapat dikendalikan dalam berbagai kondisi. Perangkat inilah yang membuat mobil bisa bergerak lincah saat menikung pada kecepatan tinggi, layaknya mobil F1. Mobil pun bisa stabil saat mengerem dari kecepatan tinggi.

Teknologi lainnya adalah fitur steering wheel-mounted switch rotary yang membuat pengendara dapat secara mudah dan cepat untuk mengatur beberapa sistem. Ada juga anettino, perangkat yang dirancang untuk menyetel mobil hanya dengan satu sentuhan tombol pada kemudi. Tak ketinggalan, simulasi komputer dengan program yang biasa digunakan oleh tim F1 Ferrari juga diaplikasikan untuk mendapatkan bentuk aerodinamik.

Mesin berkonfigurasi 32-valve dan V-8 berkapasitas 4.308 cc menjadi tumpuan untuk menghasilkan tenaga yang besar. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 500 tenaga kuda pada 8.500 rpm. Sementara keluaran torsi dari mesin mencapai 465 Nm pada 5.250 rpm. Pihak Ferrari menyebutkan, kendaraan dua pintu ini dapat dipacu secara maksimal hingga menembus kecepatan 308 km/ jam. Dan, untuk berakselerasi 0-60 km/ jam, F430 Spider ini cukup membutuhkan waktu 4,1 detik.

Khusus bodi, Ferrari memercayakan perancangannya pada rumah desain terkenal di Italia, Pininfarina. Untuk menghasilkan struktur bodi modern dan secanggih mesinnya, Pininfarina melakukan serangkain tes yang panjang, termasuk uji terowongan angin untuk mengejar bentuk tubuh yang streamline. Hasilnya spoiler belakang yang terintergrasi dengan bagian penutup mesin. Lubang pasokan udara pun dirancang lebih besar dibandingkan mobil sport buatan Ferrari lainnya.

Posisi mesin di bagian belakang mobil menjadi lebih atraktif dengan tutup kaca putih yang transparan. Kesan gagah dan tangguh diperkuat dengan ornamen garis-garis berotot sepanjang bodi. Apalagi ban yang dipasang pada mobil berpenggerak roda belakang ini lumayan besar, yaitu 335/35 di depan dan 285/35 ZR19 untuk belakang.

Desain interiornya pun terasa mewah. Tempat duduknya nyaman dan sportif, dengan bahan kulit berkualitas tinggi. Sebagai produsen mobil sport paling populer di dunia, Ferrari yakin, mobil yang dijual dengan taksiran harga antara US$ 185.545 - US$ 209.222, ini mampu menarik perhatian para pencinta mobil sport yang gemar berkendara dengan kecepatan tinggi.

Tidak ada komentar: