Kamis, Juli 17, 2008

Memata-matai Mata

Mata adalah jendela kehidupan. Karena itu, memelihara kesehatan mata adalah prioritas utama bagi kita semua. Untuk mewujudkan mata yang sehat, manfaatkanlah beragam jenis perawatan mata, mulai dari tradisional hingga modern.

Mata memang bukan segala-galanya. Tapi, segala-galanya tak ada artinya tanpa mata. Anda tak bisa membantah ungkapan ini. Bayangkan, ketika penglihatan terganggu, bersiaplah untuk merasakan kehidupan separuh keindahan alam semesta. Makanya, dengan mata sehat, banyak hal yang bisa kita nikmati dan apresiasi.

Dalam konsep Ayurveda, mata adalah pintu gerbang masuknya segala stimulus dari luar. Ada yang meyakini, 70% rangsangan dari luar masuk ke dalam tubuh lewat. Makanya, kinilah saatnya kita lebih peduli pada kesehatan mata. Apalagi, berbagai terapi maupun pengobatan telah tersedia di sekitar kita. Tinggal pilih, mau menggunakan pengobatan tradisional atau modern.

Cuci Mata dengan Mentega

Salah satu pengobatan tradisional yang bisa Anda pilih adalah Netra Basti (cuci mata). Pengobatan yang dikenal dalam tradisi pengobatan Ayurveda, India, ini sebenarnya merupakan sarana relaksasi saraf mata. terapi itu bisa membantu perawatan penyakit glaukoma, penglihatan kabur, dan radang kornea, serta bisa mencegah menurunkan risiko katarak.

Teknik Netra Basti memang bukan sesuatu yang baru. Metodenya sudah ada sejak 5.000 tahun lalu dalam tradisi masyarakat di lembah Sungai Sindhu, India. Usianya sudah sama tua dengan metode pengobatan Ayurveda. Dalam praktiknya, Netra Basti tak sekadar urusan cuci mata. Ada prosesi yang mesti dilewati baik sebelum atau selama pengobatan dilakukan.

Sebelum pengobatan, terapis akan memberikan pijatan lembut di daerah wajah selama sekitar 10 menit. Tentu, bukan sembarang pijat. Bagian yang dipijat adalah titik-titik saraf untuk mengaktifkan dan memperlancar peredaran darah di wajah. Pijatan itu juga bertujuan menciptakan kondisi rileks pada Anda.

Sambil memijat, terapis akan mengalirkan energi neo zen reiki ke tubuh Anda. Sebelum mata direndam, terapis akan membuat bendungan di sekitar mata. Bendungan itu terbuat dari adonan beberapa macam tepung. Setelah kondisi rileks tercapai, proses cuci mata baru dimulai.

Seluruh proses Netra Basti dilakukan dalam posisi telentang, dalam suasana sesantai mungkin. Ruangan dalam keadaan redup. Pencahayaan tak boleh terlalu terang. Seluruh proses dilakukan dengan iringan musik lembut. Suasana ruangan harus tenang, tak boleh ada suara orang mengobrol.

Seperti konsep Ayurveda, semua bahan yang digunakan begitu alami. Setelah bendungan siap, terapis akan menuangkan mentega ke dalamnya, sesendok demi sesendok. Saat dituang, suhu mentega diatur sama dengan suhu tubuh. Saat dituangi mentega, mata harus dalam keadaan tertutup. Begitu telah terendam, mata dibuka perlahan-lahan. Pada saat itulah Anda sedang melihat dunia dari cairan bening minyak susu.

Netra Basti tak semata cuci mata dalam pengertian fisik, tapi juga "cuci mata" dan cuci pikiran dalam pengertian psikis. Jika Anda mengalami masalah mental, terapis juga akan mengajak Anda memperbaiki cara pandang terhadap problem kehidupan. Kegiatan ini disebut detoksifikasi pikiran. Efek seperti ini timbul karena Netra Basti mempengaruhi saraf-saraf otak.

Teknologi LASIK

Terapi LASIK (Laser Assisted In-situ Keratomileusis) merupakan pengobatan mata modern. Pengobatan yang dikenal sejak 1988, ini merupakan sebuah teknik mengoreksi mata, khususnya rabun jauh, dengan penyinaran laser. Cara ini menawarkan tercapainya penglihatan yang optimal.

Karena itu, bagi Anda yang menderita gangguan mata berat kini tak lagi perlu repot-repot berkacamata. Terapi laser ini laser terbukti mampu mengatasi keluhan Anda, seperti rabun jauh (miopia), rabun dekat (hipermetropia), dan silindris (astigmatisma). LASIK bekerja dengan memperbaiki kelainan tersebut dengan menggunakan sinar laser untuk mengiris dan menipiskan kornea. Dengan LASIK, penderita rabun jauh yang mesti memakai kacamata minus delapan bisa dikurangi sampai nol.

Tindakan LASIK dimulai dengan pembuatan flap kornea, yaitu pengirisan permukaan kornea dengan mikrokeratom sampai ketebalan tertentu. Setelah itu, diikuti pengikisan permukaan kornea dengan sinar laser (fotoablasi). Keunggulan fotoablasi, setelah proses tersebut, permukaan kornea yang terkikis akan sembuh seperti sediakala tanpa meninggalkan bekas.

Kendati pengobatan ini cukup aman, beberapa rumah sakit atau klinik menetapkan ada prosedur pengobatan. Anda setidaknya sudah berusia 18 tahun, memiliki penglihatan yang stabil selama enam bulan, serta tidak pernah memiliki penyakit mata yang parah. Anda juga tidak dalam keadaan hamil atau menderita diabetes dengan kadar gula yang tidak terkontrol.

Bila persyaratan ini terpenuhi, jangan harap Anda langsung bisa melenggang ke ruang operasi. Anda mesti melewati tahap pemeriksaan mata. Ada pula beberapa tes khusus untuk menentukan apakah teknologi LASIK sesuai untuk Anda. Hal ini dilakukan untuk mencari jenis pengobatan atau penggunaan teknologi yang tepat untuk Anda dan mata Anda.

Perkembangan LASIK di Indonesia, khususnya Jakarta, berkembang dengan pesat. Hingga kini, pengobatan mata yang menggunakan teknologi LASIK bisa ditemukan dengan mudah. Pengobatan ini sudah ditangani dokter spesialis mata yang didukung oleh peralatan medis berteknologi mutakhir. Biayanya pun relatif terjangkau, sekitar Rp7,6 juta untuk satu kornea.

Beragam jenis terapi ini bisa Anda gunakan untuk mencegah maupun mengobati, terutama pada penyakit-penyakit mata tertentu. Kini, mata sehat dan cemerlang bisa Anda miliki. Pandangan mata terasa lebih benderang. Pikiran pun jadi lebih lapang. Kalau tak percaya, coba saja.

TIPS

MEWUJUDKAN MATA SEHAT

  1. Jalani gaya hidup sehat, misalnya mengkonsumsi makanan bergizi seimbang.
  2. Perhatikan nutrisi untuk mata Anda. Perbanyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang kaya akan Vitamin A
  3. Ketika beraktivitas di luar ruang (outdoor) lindungi mata dengan kacamata. Ketika Anda bekerja dengan komputer, pastikan layar monitornya sudah menggunakan kaca filter untuk menangkal radiasi komputer.
  4. Istirahatkan mata setelah bekerja 30 menit di depan computer atau TV. Agar mata tak kering, sering-seringlah berkedip dan sesekali alihkan pandangan mata ke luar ruangan.
  5. Hindari menggosok-gosok mata secara kasar dan berlebihan.
  6. Gunakan penerangan yang cukup pada saat bekerja atau membaca dalam ruangan
  7. Jauhi asap rokok
  8. Bila mata memerah, mata kering dan lelah, gunakan obat tetes mata
  9. Bila Anda berkacamata, pakailah lensa kontak berkualitas baik
  10. Periksa kesehatan mata secara rutin, minimal 6 (enam) bulan sekali.

Tidak ada komentar: