Jumat, Juli 18, 2008

Melanjutkan Tradisi Monumental

Kendaraan yang menggabungkan tradisi Grand Touring (GT) terbaik hasil karya Bentley dengan teknologi mutakhir. Bentuk Bentley Continental GTC memang paling kecil di antara mobil keluaran Bentley, namun kecepatannya seperti tak terbatas berkat kekuatan mesin yang dibawanya.

Meneruskan kejayaan Bentley R-Type Continental buatan 1952 –mobil paling mewah dan tercepat di dunia saat itu– Bentley Continental GTC hadir dengan performa yang tangguh dan dapat diandalkan. Harap maklum, Continental GTC mengusung mesin 6,0 liter W12, yang mampu menghasilkan daya 553 tenaga kuda dan torsi 650 Newton-meter (Nm).

Seperti generasi sebelumnya, Continental GT Coupe, roda penggerak sedan dua pintu ini juga memakai model penggerak all wheel drive (AWD) dan transmisi otomatis Tiptronic yang memungkinkan pengendara melakukan pengoperan gigi persneling secara manual tanpa pedal kopling. Daya dan torsi sebesar itu diteruskan kepada keempat roda lewat transmisi otomatis enam tingkat kecepatan. Hasilnya? Continental GTC dapat dipacu sampai kecepatan 100 kilometer per jam dari posisi berhenti hanya dalam waktu 4,7 detik.

Dari dulu, Bentley memang terkenal sebagai mobil aristokrat Inggris berbodi dan mesin besar. Kendaraan ini mampu melaju cepat seperti mobil sport super mewah. Kekuatan mesin ini memang dibatasi secara elektronik hingga 290 kilometer per jam. “Percayalah, jika tidak dibatasi Continental GTC dapat dipacu lebih cepat lagi,” ujar Russ Gott, salah seorang perancang anggota tim perancang mobil ini tentang kendaraan yang diperkirakan seharga US$ 176,691 - US$ 189,990, ini.

Kemewahan dengan gaya aristokrat Inggris tetap mendominasi interiornya, dengan tetap mempertahankan standar Bentley yang memadukan kulit asli dan hiasan kayu berkualitas tinggi. Ada sekitar 16 jenis kulit yang digunakan untuk memperindah interior mobil dua pintu ini. Hiasan kayu yang dipadukan dengan kulit di dalam kabin dibentuk dan dihaluskan. Begitu juga dengan jahitan kulit pelapis dashboard dan sisi pintu bagian dalam (door trim). “Semua pengerjaannya benar-benar dilakukan dengan tangan,“ kata Russ Gott, menambahkan.

Kendaraan berpenumpang empat orang ini melanjutkan tradisi terbaik dari Bentley. Atapnya yang terbuka dirancang lebih atraktif dan lebih elegan. Tampilannya memadukan desain klasik dengan ketangguhan mesin berteknologi mutakhir. Sekitar 50 komputer dipasang pada Bentley Continental GTC, antara lain untuk mengatur pendinginan udara (AC), sistem suspensi, dan pengaturan elektronik lainnya. Oleh karena itu, jangan kaget bila Anda terbuai dengan kenyamanan dan kemewahan selama mengendarainya.

Tidak ada komentar: