Rabu, Juli 09, 2008

Insomnia

Setiap orang tentu pernah mengalami masalah gangguan tidur dalam hidupnya. Gangguan tidur atau biasa disebut insomnia dapat timbul dalam berbagai bentuk, seperti sulit untuk memulai tidur, gelisah pada waktu tidur, dan sulit untuk tidur kembali saat terbangun. Insomnia yang terjadi dalam waktu yang singkat dapat berakibat pada mood dan sikap keseharian, sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Banyak penyebab munculnya insomnia. Pemicu utamanya adalah perubahan dalam rutinitas keseharian, seperti dalam perjalanan jauh, memulai pekerjaan baru, pindah rumah, dan lain-lain. Pada umumnya, insomnia jenis ini hanya berlangsung singkat dalam beberapa hari. Ketika keadaan kembali normal, maka insomnia akan hilang dengan sendirinya.

Namun, insomnia juga dapat berlangsung dalam waktu yang lama. Hal ini biasanya disebabkan oleh sesuatu yang lebih serius. Insomnia kronis dapat dihubungkan dengan adanya depresi atau kecemasan. Bila hal ini terjadi pada Anda, segeralah berkonsultasi dengan dokter. Sebab, insomnia jenis ini membutuhkan penanganan khusus untuk mencari penyebab beserta pengobatannya.

Apabila Anda mengalami insomnia singkat ataupun kronis, cobalah tidur dan bangun tidur pada jam yang sama setiap hari. Lakukan aktivitas relaksasi sesaat sebelum tidur. Hindari minuman beralkohol di malam hari atau makan terlalu kenyang sebelum tidur. Anda juga dapat mendengarkan musik yang lembut untuk membantu anda tetap santai. Biasakan pula menyelesaikan masalah yang dihadapi sebelum tidur.

Beberapa pencegahan di atas juga baik dilakukan. Selain panduan praktis tersebut, terdapat pula beberapa jenis obat yang dapat membantu mengatasi insomnia Anda. Hal ini dapat dilakukan jika insomnia Anda bersifat singkat dan dengan penyebab yang jelas. Tentu Anda tetap berkonsultasi dengan dokter sebelum memilih dan menggunakan obat-obatan tersebut.

Tidak ada komentar: